TELADAN RASULULLAH SAW

  • TELADAN RASULULLAH SAW

     

    Tim Jurnalistik berkesempatan mewawancarai Ibu Amilah Sholikhah, S.Ag. salah satu guru PAI SMK Negeri 1 Lumajang  untuk menggali informasi tentang Maulid Nabi. Keutamaan Maulid Nabi yaitu agar kita lebih mengenal kelahiran Nabi Muhammad SAW terlebih lagi bersyukur karena Nabi Muhammad SAW kita umatnya dapat mengenal Allah, Islam dan Alquran menjadi pedoman hidup umat muslim.

    Dalam dunia pendidikan kita mengenal pendidikan karakter, karakter yang berbudi luhur dibentuk salah satunya dari  suri teladan, suri teladan bagi umat muslim yaitu Nabi Muhammad SAW.

    Ibu Amilah Sholikhah bercerita singkat tentang kisah pada saat hijrahnya Rasulullah SAW ada seseorang dari keturunan Bani Hasim, Rukhana orang yang mempunyai wajah bengis juga kejam badannya tinggi kekar, semua orang takut kepadanya dan seolah-olah dia menjadi penguasa di sebuah lembah bernama lembah idghom, suatau saat Rasulullah SAW mendatangi Rukhana, kemudian Rukhana menantang Rasulullah SAW, Rasulullah berdoa kepada Allah SWT agar dimenangkan melawan Rukhana, Rukhana juga berdoa kepada tuhannya yaitu berhala yang bernama Lata, Uzah dalam waktu singkat Rasulullah dapat mengalahkan. Seketika itu Rukhana tersungkur jatuh, tetapi Rukhana bangkit lagi dan menantang untuk kedua kalinya, tetapi Rukhana tetap terkalahkan dia tak sanggup bangkit lagi. Kemudian Rasulullah memerintahkan Rukhana untuk menjadi umatnya dan memeluk Islam tetapi Rukhana menolak, lalu rasulullah pergi meninggalkannya. Para sahabat nabi di Madinah resah, gelisah karena mengkhawatirkan keadaannya yang sedang berada di lembah kekuasaan Rukhana, ternyata Rasulullah turun dari lembah dengan baik-baik saja  dan Rasulullah mengatakkan bahwa Rukahan sudah terkalahkan. Dari kisah tersebut dapat diteladani bahwa kita harus berani, berani menegakkan kebenaran karena Allah SWT bersama orang-orang yang berada dalam jalan kebaikan. Itulah salah satu teladan dari Rasulullah untuk kita semua yaitu Allah bersama umatnya dalam jalan kebenaran. Demikian kisah religius yang sangat bermanfaat tentunya untuk kita semua semoga kita senantiasa dapat meneladani dan menerapkan akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari hari karena akhlak Rasulullah adalah Alquran.

     

     

    Tim Jurnalistik

    Reporter : Muhammad Ghoffar Ali

    Foto : Lisa Lusiana

    Pembina : Dina Andriana